√ Alamat Dokter Spesialis Kulit Sukabumi Terbaik dan Termurah

Alamat Dokter Spesialis Kulit Sukabumi Terbaik dan Termurah yang sangat kami Rekomendasikan untuk Anda – Penyakit Kulit ialah salah satu penyakit yang paling awam dialami banyak orang, tak terkecuali di Indonesia. Untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut, Dokter Spesialis Kulit atau Dermatolog dibutuhkan.

Seorang dokter bisa dikatakan ahli dermatologi bila sudah menyandang gelar SpKK (spesialis kulit dan kelamin). Sebelum meraih gelar ini, dokter harus menempuh pendidikan spesialissai ilmu kesehatan kulit dan kelamin selama sekitar tiga setengah tahun atau lebih.

anda akan direkomendasikan untuk berobat ke dokter ahli kulit atau spesialis dermatovenereologi (Sp. DV) di Sukabumi apabila problem kesehatan kulit yang anda rasakan nampak tak pulih pasca berobat ke dokter umum. Dokter ahli kulit memiliki ilmu dan keterampilan klinis yang lebih mendetail dalam menangani berbagai macam masalah kulit.

s masih bingung kadang kala orang Sukabumi bertanya-tanya apa saja sebenarnya penyakit yang diatasi oleh dokter ahli kulit dan kelamin. Misalnya, infeksi menjalar seksual yang diderita wanita. Itu merupakan ranahnya dokter dermatolog sebagian berpendapat begitu.

Tetapi, karena berkaitan dengan organ intim wanita ada juga yang berpikiran bahwa itu ranahnya obgyn (dokter kandungan). Sama dengan pakar lainnya, dokter dermatolog juga akan melakukan diagnosis dahulu untuk mengetahui dengan benar penyakit yang diderita pasien.

Diagnosis tersebut dapat meliputi tanya jawab riwayat keluhan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Targetnya agar dokter bisa mengetahui beraneka ragam faktor penyebab gangguan kesehatan yang dialami pasien, sehingga dapat memastikan pengobatan ataupun perawatan yang benar.

Nah, sebagai masyarakat awam, agak sukar bukan untuk memutuskan hal-hal seperti itu? Supaya pengobatan bisa langsung tepat bidikan disini akan diulas apa saja penyakit yang diatasi Dokter Spesialis Kulit Sukabumi!

ALAMAT DOKTER KULIT Sukabumi

Beraneka Ragam Masalah Kulit Ditangani Dokter Dermatolog

Dari segi jenis penyakit ataupun pengobatannya penyakit kulit sangat berbeda. Mulai dari penyakit kulit infeksi, non infeksi, alergi, imunologi, penyakit menular seksual, kosmetik, penyakit kulit pada anak dan orang tua, sampai yang berkarakter gawat darurat disebabkan penyakit kulit terdiri lebih dari 3.000 jenis.

  1. Penyakit Kulit Dikarenakan Infeksi

Peradangan pada kulit disebut dermatitis. Pada saat kulit bersentuhan dengan bahan yang bersifat iritatif atau dengan alergen (zat atau benda yang mengakibatkan reaksi alergi) kondisi ini bisa saja terjadi. Dermatitis lazimnya memiliki gejala berupa gatal, kemerahan, dan bengkak. Dermatitis berdasarkan pemicunya ada sebagian jenis, yaitu:

  1. Dermatitis Kontak Iritan

Dermatitis kontak iritan termasuk kelainan kulit yang paling sering terjadi. Penyakit kulit ini ditandai dengan munculnya ruam, kulit kering, iritasi, atau bahkan luka lepuh pada area kulit yang bersentuhan dengan unsur iritan. Bahan kimia, pemutih baju, deterjen, alkohol, dan sabun mandi merupakan contoh dari zat iritan.

  1. Dermatitis Kontak Alergi

Ketika kulit bergesekkan dengan penyulut alergi maka akan timbul kemerahan dan bentol-bentol merupakan tanda-tanda dari dermatitis kontak alergi. Alergen dapat berupa zat kimia, kosmetik, cat kuku, sarung tangan lateks, protein, atau perhiasan.

Bila bersentuhan langsung dengan alergen pada orang normal tidak akan mengakibatkan reaksi alergi. Tapi pada pasien alergi, bersinggungan dengan alergen akan menimbulkan tanda-tanda dermatitis. Terkadang kondisi ini disebut sebagai eksim basah.

  1. Dermatitis Atopik (eksim)

Gejalanya dengan kulit merah, gatal, kering, atau bersisik ialah masalah kulit eksim ini. Banyak orang menyebut keadaan ini dengan istilah eksim kering. Penyakit ini sering timbul pada kulit dibagian leher, lipatan siku, atau bagian belakang lutut.

Kulit bersisik bisa terkupas mengeluarkan cairan bila digaruk. Kelainan kulit jangka panjang (kronis) yang umumnya dimulai saat bayi ini, kerap kumat secara tiba-tiba dan kemudian hilang.

  1. Dermatitis Seboroik

Masalah kulit ini umumnya menyerang area tubuh yang berminyak, seperti wajah, punggung, dan dada. Kulit kemerahan dan bersisik merupakan gejalanya. Jika menyerang kulit kepala, dermatitis seboroik mengakibatkan ketombe yang akut. Penyakit kulit ini disebut sebagai cradle cap pada bayi.

  1. Penyakit Kulit Disebabkan Kelainan Autoimun

Pada jaringan tubuh yang sehat, gangguan autoimun akan menyerang dan menghancurkan mekanisme ketahanan tubuh. Beberapa penyakit kulit yang disebabkan oleh gangguan autoimun adalah:

  1. Psoriasis

Psoriasis merupakan keadaan dimana jaringan kulit tumbuh terlalu cepat, sehingga menumpuk dan membentuk bercak kemerahan disertai sisik berwarna perak.

  1. Vitiligo

Vitiligo terjadi ketika sel kulit yang memproduksi melanin (pigmen berwarna gelap) tidak bekerja. Sehingga kulit akan mengakibatkan kehilangan warnanya dan muncul bercak-bercak putih. Pada orang yang berkulit hitam vitiligo akan terlihat lebih jelas akan tetapi pada umumnya vitiligo bisa diderita oleh semua tipe kulit.

  1. Skleroderma

Kaku dan menebalnya kulit pada pasien adalah adalah skleroderma. Skleroderma bisa hanya menyerang kulit, lamun bisa juga menyerang pembuluh darah dan organ dalam.

  1. Pemfigus

Pemfigus Vulgaris dan Pemfigus Foliaceus ialah tipe-tipe dari golongan pemfigus. Pemfigus vulgaris digejalai dengan lepuhan yang gampang pecah lamun tidak gatal. Berbeda dengan satunya pertanda pemfigus foliaceus adalah kulit bersisik atau berkerak, dan lepuhan kecil yang terasa gatal bila pecah.

  1. Discoid Lupus Erythematosus

Ini merupakan penyakit lupus yang menyerang kulit. Masalah ini memiliki gejala meliputi ruam parah yang condong memburuk ketika terpapar sinar matahari. Ruam dapat muncul dibagian tubuh mana pun, akan tetapi lebih sering muncul dikulit kepala, wajah, leher, tangan, dan kaki.

  1. Masalah Kulit Karena Infeksi

  1. Infeksi Bakteri

Masalah kulit bisul, impetigo, kusta, folikulitis  (infeksi pada kelenjar rambut), dan selulitis ini disebabkan oleh infeksi bakteri.

  1. Infeksi Virus

Cacar, herpes zoster atau cacar ular, kutil, molluscum contagiosum, dan campak merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh virus.

  1. Infeksi Jamur

Jamur biasanya menyerang area kulit yang kerap basah. Infeksi jamur pada kelainan kulit dapat mengakibatkan kulit menjadi kurap, tinea cruris (infeksi jamur diselangkangan), panu, dan kutu air (infeksi jamur pada kaki).

  1. Infeksi Parasit

Tipe parasit yang kerap mengakibatkan penyakit kulit yaitu kudis adalah berasal dari tipe kutu dan tungau. Selain kedua macam parasit tersebut, infeksi cacing juga bisa menimbulkan penyakit kulit.

Bagaimana Proses Pemeriksaannya?

Pada umumnya anda bisa pergi ke poliklinik penyakit kulit dan kelamin selain pergi ke Dokter Spesialis Kulit Sukabumi. Terlebih dahulu dokter akan menyodorkan sejumlah pertanyaan terkait ciri-ciri kelainan kulit atau perubahan pada kulit yang anda alami pada saat pemeriksaan.

Dokter akan memeriksa keadaan kulit anda setelah itu. Misalnya, jika pada kulit muncul ruam dokter akan menengok seberapa besar dan bagaimana pola yang nampak, atau adakah bentol-bentol yang menyertai. Adakala dokter akan mengambil foto untuk memudahkan pada saat mengetahui perubahan kulit.

Bila terdapat tanda-tanda infeksi seperti herpes, dokter akan memberikan pertanyaan kepada anda perihal asal mula infeksi dan kemungkinan anda telah menularkan orang lain. Sedangkan bila anda memilki tanda-tanda alergi, dokter akan menanyakan kemungkinan penyebabnya, dari paparan material atau makanan tertentu.

Adasegenap mekanisme yang akan dilaksanakan bila dibutuhkan pemeriksaan susulan. Diantara lain ialah biopsi dengan mengambil sampel kulit untuk memeriksa pemicu masalah kulit. Ada tes kultur sesudahnya dengan tujuan untuk mengidentifikasi mikroorganisme seperti bakteri atau jamur yang menyebabkan infeksi. Pada pemeriksaan kanker kulit, seluruh kulit tubuh anda harus melalui pemeriksaan, termasuk lapisan mukosa dalam mulut, kulit kepala, kuku, area lipatan kulit, dan area genital.

Faktor-faktor yang bisa membuahkan kondisi kondisi juga dipertimbangkan dokter saat mendiagnosis penyakit. Itu diakibatkan adanya paparan zat berbahaya di tempat kerja, kebiasaan merokok, perilaku seksual, dan pengobatan lain yang sedang dijalani. Selain itu juga kondisi genting yang anda punyai (seperti diabetes), atau riwayat dari keluarga.

Mengatasi dan Mencegah Kelainan Kulit

Pengobatan macam-macam kelaian kulit tergantung pada jenis dan pemicunya. Ada kelaian kulit yang bisa membaik dengan sendirinya, dan ada juga yang harus diatasi secara medis, mulai dari pemberian obat-obatan salep hingga pembedahan.

Penanganan yang sering dipakai untuk menangani penyakit kulit ada beberapa metode sebagai berikut:

  1. Kortikosteroid

Obat ini digunakan untuk mengurangi respon daya tahan tubuh yang sangat aktif. Dermatitis atau gangguan autoimun umumnya menggunakan obat kortikosteroid salep atau tablet minum, ini dipakai untuk menyembuuhkan masalah kulit akibat dari peradangan.

  1. Antihistamin

Reaksi alergi dan gatal-gatal pada kulit akan hilang bila meminum obat antihistamin. Diapotek atau melewati resep dokter obat ini bisa dicari untuk dibeli.

  1. Antibiotik

Penyakit kulit hasil dari infeksi bakteri akan ditangani oleh obat Antibiotik salep. Dalam bentuk tablet atau kapsul yang diminum dokter akan memberikan antibiotik ini pada infeksi yang lebar. Berdasarkan resep dokter mengonsumsi antibiotik harus dihabiskan.

  1. Obat antivirus

Obat antivirus bermaksud untuk mengurangi tanda-tanda dan memusnahkan virus pemicu masalah kulit oleh akibat itu harus diberikan.

  1. Obat antijamur

Kelainan kulit akibat infeksi jamur biasanya menggunakan obat antijamur dan kebanyakan berbentuk obat oles. Akan tetapi, umumnya dokter juga akan meresepkan obat antijamur untuk diminum.

  1. Operasi

Operasi dapat dilaksanakan untuk menyembuhkan kanker kulit atau masalah kulit lain, misalnya kutil.

Supaya penyakit kulit tidak kumat dan tidak menular kepada orang lain, selain penanganan, pencegahan juga perlu dilakukan. Sejumlah langkah pencegahan penyakit kulit yang bisa dilaksanakan ialah sebagai berikut:

  1. Mandi setiap hari supaya mengurus kebersihan diri. Sabun yang berbahan lembut pemakaiannya sangat disarankan saat mandi.
  2. Dengan penderita penyakit kulit menular disarankan untuk menghindari kontak fisik.
  3. Dengan pasien penyakit kulit tidak disarankan untuk berbagi penggunaan barang-barang pribadi, seperti handuk atau pakaian.
  4. Agar tidak kering, gatal, atau iritasi secara rutin mengoleskan pelempab kulit.
  5. Kebiasaan menggaruk kulit dan memecahkan bisul atau lepuhan yang timbul pada kulit agar dijauhi.
  6. Pada tipe kulit yang tidak sesuai hindari langkah merawat kulit wajah, termasuk langkah memutihkan wajah.

Hal yang harus disiapkan sebelum ke Dermatolog Sukabumi

Sebelum memilih untuk pergi ke Ahli Kulit Sukabumi, anda harus memastikan bahwa dokter yang anda pilih berkompetensi atau mempunyai sertifikasi yang terpercaya. Sangat penting dilakukan biarpun perkara ini tujuannya hanya untuk perawatan kecantikan kulit.

Pastikan bahwa dokter yang ingin anda tuju telah berafiliasi dengan asuransi anda jika anda kepingin memakai asuransi. Ketahui juga apakah asuransi menanggung semua perawatan atau hanya jenis tertentu saja. Tata cara kosmetik tidak akan ditanggung oleh asuransi biasanya.

anda dapat menyisihkan waktu dan membuat jadwal dengan dokter sesudah itu. Jika tujuan anda ialah berkonsultasi perihal keadaan kulit anda ingat kembali beberapa hal bila ada yang ingin dipertanyakan serta yang akan disampaikan ke dokter.} Untuk memudahkan, anda dapat mencatatnya pada catatan.

Dokumen seperti hasil pemeriksaan sebelumnya atau hasil tes lab darah harus anda bawa disebabkan sejumlah pemeriksaan mengharuskan membawa beberapa dokumen tersebut. Sebelum pergi ke dokter siapkan dokumen ini beberapa hari sebelumnya supaya dapat memastikan tak ada dokumen yang ketinggalan.

Divisi Bidang Keahlian Dermatologi

  1. Dermatologi alergi dan imunologi: Ahli ini akan berfokus pada masalah kulit yang berhubungan dengan gangguan sistem imunitas tubuh seperti psoriasis dan dermatitis atopik (eksim).
  1. Tumor dan bedah kulit: perawatan bedah yang berfokus pada pasien dengan kanker kulit atau pertumbuhan kulit jinak.
  1. Dermatologi pediatrik: mengatasi keadaan kulit yang berfokus pada bayi anak-anak, dan remaja meliputi infeksi kulit, tanda lahir.
  1. Dermatologi geriatrik: pakar yang menangani masalah kulit pada lansia.
  1. Dermatologi tropis: mengatasi kelainan kulit yang dialami pada masyarakat yang tinggal diarea tropis seperti panu, kurap, dan kudis.
  1. Genodermatologi: kelainan yang terjadi diakibatkan faktor genetik ditangani oleh dokter tersebut.
  1. Dermatologi kosmetik: mengatasi masalah estetika atau keindahan kulit, mencakup masalah pigmentasi kulit, selulit, atau kerontokan rambut.

Sesuai dengan pemicunya Tipe-tipe masalah kulit memerlukan penindakan yang berbeda. Untuk mendapatkan pemeriksaan dan penindakan yang tepat jangan ragu untuk pergi ke Dokter Dermatolog Sukabumi bila menderita keluhan pada kulit.