15 Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah yang Jarang Disadari

Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah – Banyak orang mengira jika menjelang hamil hanya akan ditandai dengan perubahan bentuk tubuh dan rasa sakit. Padahal ada juga ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang memang jarang disadari. Entah itu munculnya jerawat, flek hitam atau yang lainnya.

Ciri Ciri orang hamil dari raut wajah yang Berubah

"<yoastmark

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika saat hamil akan banyak sekali ciri-cirinya. Terutama ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang jarang disadari. Maka dari itu jika memang sedang merencanakan program hamil, ketahui ciri-cirinya berikut ini.

1. Flek Hitam Muncul Pada Wajah

Flek hitam muncul pada wajah menjadi salah satu ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang dapat dilihat dengan jelas. Apalagi saat ini banyak orang menganggap kondisi tersebut merupakan tanda-tanda tidak cocok menggunakan produk kecantikan tertentu.

Padahal sebenarnya perubahan raut wajah ini disebabkan karena hormon. Selain itu, bisa juga disebabkan karena meningkatnya pigmentasi. Namun, meskipun menjadi salah satu ciri-ciri hamil, tapi ternyata tidak semua ibu akan mengalami hal yang seperti ini.

2. Muncul Jerawat

Bukan menjadi hal yang asing lagi jika ciri ciri orang hamil dari raut wajah dapat dilihat dari munculnya jerawat. Biasanya kondisi ini akan terjadi pada usia kehamilan trimester pertama dan kedua. Meskipun begitu, tidak semua orang hamil juga akan merasakannya.

Jerawat saat hamil disebabkan karena hormon androgen dalam tubuh mengalami peningkatan. Hal inilah yang menyebabkan produksi minyak semakin meningkat dan menimbulkan sel-sel kulit mati menumpuk di pori-pori.

3. Pembuluh Darah Jelas Terlihat

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah yaitu terlihatnya pembuluh darah sangat jelas. Biasanya pembuluh darah atau kapiler ini terlihat pada bagian pipi. Perlu diketahui hal ini disebabkan karena pembuluh darah pecah yang berdampak dari banyaknya darah mengalir dalam tubuh.

Lebih sederhananya lagi, terlihatnya pembuluh darah yang cukup jelas pada pipi disebabkan karena adanya tekanan pada pembuluh kapiler. Selain dapat terlihat jelas pada wajah, biasanya juga akan muncul pada bagian lengan, tenggorokan dan leher.

4. Kulit Menjadi Sensitif

Kulit menjadi sensitif merupakan salah satu ciri ciri orang hamil dari raut wajah. Hal ini akan terlihat sangat jelas dan berbeda dari biasanya. Tidak perlu khawatir lagi, karena kondisi ini wajar sekali terjadi disaat hamil muda.

Perlu diketahui jika kulit sensitif saat hamil muda disebabkan kadar hormon dalam tubuh yang mengalami peningkatan dan tidak dapat terkontrol. Dari kondisi inilah yang membuat kulit pada ibu hamil terlihat lebih tipis, karena tertarik.

5. Kulit Lebih Cerah dari Biasanya

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah juga bisa dilihat dari kulitnya yang lebih cerah. Perbedaan warna kulit ini sangatlah jelas dari biasanya. Namun, hanya ada sebagian ibu hamil yang akan merasakan hal tersebut. Dengan kata lain, kemungkinan ada beberapa yang memang tidak mengalaminya.

Kondisi seperti ini disebabkan karena produksi darah yang mengalami peningkatan, sehingga aliran darah juga meningkat. Selain itu, perubahan warna kulit semakin cerah juga disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh

6. Hidung Bengkak

Hidung bengkak menjadi salah satu ciri ciri orang hamil dari raut wajah. Meskipun perubahan ini terlihat sangat jelas, tapi sayangnya banyak orang yang tidak menyadari akan hal tersebut. Hidung yang membengkak disebabkan karena sirkulasi darah pada membran mukosa mengalami peningkatan.

Selain itu, produksi hormon estrogen yang mengalami peningkatan juga menjadi salah satu penyebab hidung bengkak. Hal ini bisa terjadi selama masa kehamilan, tapi ada juga ibu hamil yang tidak mengalaminya.

7. Mata Terlihat Sembab

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang selanjutnya yaitu dapat dilihat dari matanya. Berbeda dengan biasanya mata akan terlihat segar. Namun, saat hamil mata akan berubah menjadi sembab. Kondisi seperti ini hanya dirasakan oleh sebagian ibu hamil.

Lebih tepatnya mata sembab yang terlihat saat hamil yaitu membengkak seperti setelah menangis. Pada umumnya mata sembab akan terjadi pada awal kehamilan atau trimester akhir. Namun, jangan sampai mata sembab yang terjadi karena kekurangan tidur.

8. Alis dan Bulu Mata Rontok

Alis dan bulu mata yang rontok menjadi salah satu ciri ciri orang hamil dari raut wajah. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh. Namun, penyebab lainnya karena kekurangan vitamin dan protein.

Bahkan, terjadinya gangguan tiroid juga menjadi salah satu penyebab alis dan bulu mata rontok. Meski terlihat sangat sepele, tapi ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri orang hamil yang mudah dikenali. Meskipun tidak semua ibu hamil akan merasakan hal tersebut.

9. Munculnya Tahi Lalat

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang selanjutnya yaitu munculnya tahi lalat atau freckles. Meskipun terlihat sangat sederhana, tapi mungkin menjadi tanda-tanda hamil. Kondisi ini wajar sekali terjadi karena pada kulit terjadi produksi pigmen dalam jumlah yang tinggi.

Selain itu, bisa juga disebabkan karena hormon estrogen dan progesteron yang mengalami peningkatan dan menyebabkan sel melanin bekerja lebih keras. Meskipun menjadi salah satu tanda hamil dilihat dari wajah, tapi tidak semua ibu hamil akan muncul tahi lalat.

10. Berubahnya Warna Mata

Berubahnya warna mata juga menjadi salah satu ciri ciri orang hamil dari raut wajah. Pada umumnya perubahan ini akan membuat warna mata menjadi lebih pucat dan gelap. Jadi tidak perlu khawatir berlebihan mengenai perubahan ini, karena merupakan dampak dari hormon.

Perubahan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan ketebalan dan kelengkungan kornea. Jika adanya perubahan ini menimbulkan rasa yang tidak nyaman, bisa konsultasi ke dokter kandungan.

11. Bibir Menjadi Bengkak

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang selanjutnya dapat dilihat dari bibirnya. Biasanya orang yang sedang hamil bibirnya akan terlihat lebih bengkak dari biasanya. Bibir yang bengkak tidak akan menimbulkan rasa sakit, tapi mungkin akan tidak nyaman dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Meskipun begitu, tidak perlu khawatir berlebihan karena lambat laun kondisi tersebut akan pulih dengan sendirinya. Namun, jika bengkak yang terjadi pada bagian mulut diiringi dengan rasa sakit, mungkin terjadi permasalahan.

12. Tanda Lahir Berubah Lebih Gelap

Tanda lahir berubah menjadi lebih gelap merupakan salah satu ciri ciri orang hamil dari raut wajah. Kondisi ini terjadi dan sangatlah normal, karena sebagai salah satu bentuk adaptasi dengan perubahan hormon dalam tubuh.

Perubahan hormon inilah yang nantinya dapat berpengaruh terhadap pigmentasi kulit. Biasanya kondisi ini akan terjadi selama masa kehamilan atau bahkan setelahnya. Tentu saja perubahan ini tidak akan menimbulkan kekhawatiran tertentu.

13. Rambut Rontok

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang selanjutnya yaitu dapat dilihat dari bagian rambutnya. Sebagian ibu hamil yang akan merasakan rambut rontok dalam jumlah banyak. Kondisi ini wajar sekali terjadi karena makanan yang dikonsumsi tidak melengkapi kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan protein.

Selain itu, rambut rontok juga bisa disebabkan karena tiroid yang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu selama kehamilan sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang cuk

14. Kulit Kemerahan

Kulit berubah menjadi kemerahan juga menjadi salah satu ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang dapat terlihat jelas. Perubahan warna kulit yang seperti ini sangatlah wajar karena adanya tekanan darah yang cukup tinggi.

Jika tidak nyaman dengan perubahan warna kulit yang seperti ini, dapat diatasi dengan menggunakan skincare atau make up. Namun, pastikan jika produk kecantikan yang digunakan aman untuk dokter. Alangkah baiknya jika sebelum menggunakan produk kecantikan melakukan konsultasi dengan dokter.

  • Cek : Kumpulan Informasi Hamil Terbaru dan Terlengkap

15. Kapiler Rusak

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang terakhir yaitu dapat dilihat dari kapiler pada wajah yang mengalami kerusakan. Inilah Kenapa saat hamil tak jarang muncul seperti urat merah pada wajah. Ciri-ciri ini paling umum terjadi dan mudah sekali untuk dikenali.

Kerusakan kapiler disebabkan karena perubahan hormon yang cukup tinggi dan terjadi begitu saja. Hormon inilah yang berperan memberikan efek pelunakan pada pembuluh darah, sehingga menimbulkan kerusakan.

Penyebab Perubahan Raut Wajah Saat Hamil

Setelah mengetahui apa saja ciri ciri orang hamil dari raut wajah, ketahui juga apa saja penyebab perubahan tersebut. Tentunya setelah mengetahui apa saja penyebabnya, akan merasa lebih aman untuk menyikapinya. Lebih jelasnya berikut ini beberapa penyebabnya.

1. Fluktuasi Hormon

Munculnya ciri ciri orang hamil dari raut wajah bisa disebabkan karena fluktuasi atau peningkatan hormon dalam tubuh. Tentu saja kondisi ini wajar sekali terjadi, karena sebagai salah satu bentuk adaptasi dengan adanya janin dalam kandungan.

Hormon yang mengalami peningkatan dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa hal diantaranya perubahan kulit menjadi merona atau kemerahan. Adapun beberapa hormon yang mengalami perubahan seperti progesteron, estrogen dan human chorionic gonadotropin.

2. Aliran Darah Meningkat

Aliran darah meningkat menjadi salah satu penyebab munculnya ciri ciri orang hamil dari raut wajah. Bukan menjadi hal yang asing lagi jika selama kehamilan, tubuh akan menghasilkan darah dalam jumlah yang banyak. Lebih tepatnya lagi janin dalam kandungan membutuhkan lebih banyak darah untuk pertumbuhannya.

Inilah Kenapa tak heran jika aliran darah semakin meningkat dan bisa menyebabkan kulit kemerahan. Selain itu, kulit kemarahan juga bisa disebabkan karena pembuluh darah semakin melebar.

3. Produksi Minyak Meningkat

Produksi minyak meningkat juga menjadi salah satu penyebab kenapa ciri ciri orang hamil dari raut wajah muncul. Meningkatnya produksi minyak pada wajah juga disebabkan karena darah dan hormon pada tubuh mengalami peningkatan.

Satunya dengan produksi minyak yang semakin meningkat dapat menyebabkan munculnya jerawat dan permasalahan pada wajah lainnya. Sedangkan untuk mengatasi kondisi seperti ini bisa menggunakan produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil.

Cara Merawat Wajah Saat Hamil

Cara Merawat Wajah Saat Hamil

Terkadang ciri ciri orang hamil dari raut wajah memang sangat mengganggu dan mengurangi tingkat kepercayaan diri. Inilah Kenapa sebagai ibu hamil penting sekali untuk melakukan perawatan wajah dengan tepat. Adapun lebih jelasnya berikut ini cara-caranya.

1. Membersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi ciri ciri orang hamil dari raut wajah yaitu membersihkan wajah dua kali sehari. Namun, pastikan saat mencuci wajah menggunakan produk yang aman untuk ibu hamil Seperti bebrasi gliserin.

Selain itu, pembelian pembersih wajah juga bisa menyesuaikan dengan kondisi kulit. Misalnya saja jika mempunyai kulit kering, pastikan jika menggunakan pembersih wajah yang dapat melembabkan. Begitu sebaliknya jika kulit wajah berminyak, gunakan produk wajah yang dapat menguranginya

2. Menggunakan Tabir Surya

Salah satu ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yaitu munculnya bintik-bintik hitam. Perubahan ini pada wajah dapat diatasi dengan menggunakan tabir surya atau pelindung wajah dari paparan sinar matahari langsung.

Namun, saat ini sudah banyak pelembab wajah yang sudah dilengkapi dengan SPF 15 atau 30 yang juga berperan penting untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Meskipun hanya melakukan aktivitas di luar rumah dalam waktu singkat, usahakan tetap menggunakan pelembab.

3. Gunakan Produk mengandung Asam Glikolat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika ciri-ciri orang hamil dari raut wajah dapat dilihat dari munculnya jerawat. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi kulit yang seperti ini yaitu menggunakan produk dengan kandungan asam glikolat.

Biasanya munculnya jerawat pada wajah disebabkan karena kulit terlalu berminyak. Inilah Kenapa sangat disarankan untuk mengkonsumsi produk yang dapat mengurangi minyak dan jerawat. Namun, pastikan dalam pemilihan produk sangat aman untuk ibu hamil.

4. Jangan Menggunakan Foundation Berlebihan

Meskipun ciri-ciri orang hamil dari raut wajah bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri, tapi jangan sampai menggunakan foundation berlebihan. Mengingat kondisi tersebut hanya akan membuat kondisi kulit semakin rusak.

Cukup gunakan beberapa produk kecantikan yang sederhana seperti eyeliner, maskara, bedak dan lipstik. Selain itu, sebelum menggunakan produk kecantikan, pastikan sudah mengecek apa saja komposisi yang digunakan.

5. Mengkonsumsi Buah dan Sayur-sayuran

Cara lain yang bisa dilakukan untuk merawat wajah agar ciri ciri orang hamil dari raut wajah dapat teratasi yaitu mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Jika ingin mempunyai kulit yang lebih lentur, konsumsi alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Selain itu, beberapa makanan sehat tersebut juga bermanfaat untuk membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan segar. Selain itu, lengkapi juga dengan menggunakan produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

6. Membuat Masker Telur

Jika ciri ciri orang hamil dari raut wajah menunjukkan kulit terlihat lebih gelap, cara mengatasinya cukup mudah yaitu buat masker dari campuran putih telur dan jeruk nipis. Sedangkan caranya cukup mudah dengan memeras jeruk nipis 1 buah dan mencampurkannya dengan telur pada bagian putihnya.

Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit atau sampai kering. Jika sudah, langkah selanjutnya hanya perlu membilasnya. Namun, pastikan Jika membilasnya menggunakan air hangat.

7. Membuat Masker Bengkoang

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk merawat wajah yaitu membuat masker dari buah bengkoang. Masker bengkoang sangatlah bermanfaat untuk mengatasi ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang terlihat kusam.

Cara membuat masker bengkoang cukup mudah, hanya perlu memarutnya dan diperas. Nantinya, hasil perasan tersebut diamkan sampai meninggalkan endapan. Hasil endapan itu oleskan ke wajah dan diamkan sampai kering atau kurang lebih 30 menit.

Kurang lebih inilah penjelasan lengkap dari Fistara.com mengenai ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang penting untuk diketahui. Setidaknya dengan mengetahui ciri-ciri ini, ibu hamil akan lebih mudah lagi menerapkan cara yang tepat untuk mengatasinya.